Pages

Rabu, 25 Mei 2011

Cerita Hidup (life story)

Kita pasti pernah melihat seorang dalang sedang memamerkan keahliannya dalam bermain wayang bukan ?
dan jenis-jenis dari wayang pun berbeda-beda, baik dari segi nama, bentuk, dan sifatnya pun berbeda pula, ada cepot, dewala, semar dan lain-lain. Sifat dari ketiga contoh wayang tersebut tidak sama mereka mempunyai ciri khas masing-masing dan nasib mereka pun berbeda pula jika di dalam skenario dalang. Begitu pula dengan kehidupan manusia di dunia yang fana ini tak jauh beda dengan permainan wayang seorang dalang, yakni kita sebagai manusia diibratkan sebagai wayangnya, dimana perjalanan hidup kita seperti hidup, mati, harta, jodoh, jabatan, dan lain sebagainya seakan-akan hanya mengikuti alur cerita sang pencipta, dan kita sebagai makhluk ciptaan-NYA tidakbisa berbuat apa-apa hanya bisa mengikuti alur cerita tersebut.
Namun di dunia wayang itu ketika cerita wayang tersebut selesai, maka selesai pula kehidupan yang dijalani para wayang tersebut. Berbeda dengan kehidupan nyata, yakni kehidupan manusia, ketika kisah perjalanan hidup manusia di dunia ini selesai, maka kita akan masuk ke alam selanjutnya yaitu alam kubur dan alam-alam yang lainnya, ketika kita masuk ke alam-alam tersebut, kita akan dimintai pertanggungjawaban tentang perilaku kita selama hidup di dunia yang fana ini, mulai dari siapa Tuhan kita ?, apa agama kita ?, apa kiblat kita ?, siapa nabi kita ?, apa pedoman hidup kita ?, digunakan untuk apa hidup kita ? maksiat kah ataumanfaat kah yang menghiasi kehidupan kita ?.

Dari cerita tersebut marilah kita renungkan bersama mau diapakan sisa umur kita di dunia ini, kita tidak tahu kapan cerita perjalanan hidup kita akan selesai, yakni kapan kematian akan menjemput kita ke alam yang lain ?
Kita sendiri tidak pernah tahu dan tidak ada seorang manusia pun yang tahu kapan kematian akan menjemput kita, maka dari itu selagi kita diberi kesempatan untuk melihat terbit dan terbenamnya matahari marilah kita pergunakan sis umur kita dengan sebaik-baiknya, hiasi hidup ini dengan keberkahan-NYA, kasih sayang-NYA, karena kita tidak tahu kapan umur kita akan habis.


Dan kita tidak akan tahu bagaimana nasib kita setelah kematian datang ?.
Harapan saya semoga semua umat muslim bisa mendapatkan kenikmatan akhirat yakni SURGA dengan atas izin dari ALLAH SWT.

AMIN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar